Aplikasi / Software ” Test Khusus Kesehatan Mental ” menggunakan Bahasa Pemrograman C

Ilustrasi

Ilustrasi

Pada kesempatan kali ini, saya akan memposting Artikel tentang sebuah Aplikasi yang pernah saya buat ketika saya masih duduk di bangku Kuliah Semester 2 , Aplikasi ini merupakan Tugas Akhir Praktikum Pemrograman Dasar (Pemrograman Bahasa C) yang saya buat pada saat itu, Aplikasi yang saya buat ini adalah Aplikasi tentang TEST KHUSUS KESEHATAN MENTAL. Ide membuat aplikasi ini saya dapat ketika saya mebaca sebuah buku yang berjudul BUKU PINTAR PSIKOTEST yang ditulis oleh SUJONO SUMARJONO, dkk. Saya tertarik untuk membaca isi buku tersebut, dan ternyata di dalamnya pun terdapat Test Psikologi yang sangat menarik, sehingga saya pun mencoba Test yang terdapat dalam buku tersebut.

Ada beberapa macam test yang saya coba dalam buku tersebut, Salah satunya adalah Test Khusus Kesehatan Mental yang terdiri dari Test Hipokondriasis, Depresi, Paranoid dan Kecemasan Umum (Generalized Anxiety) dengan berbagai macam pertanyaan yang diajukan di dalamnya, Selain itu pula di dalam buku tersebut disertakan pula langkah – langkah untuk mendapatkan hasil dari test tersebut. Yaitu dengan cara menghitung setiap nilai dari setiap pertanyaan yang kita jawab didalam buku tersebut, sehingga di dapatlah nilai total , dimana Nilai Total tersebut menentukan Hasil dari jawaban yang telah kita jawab dan dari Point tersebut pun kita mendapatkan Penjelasan tentang Hasil dari Test yang telah kita lakukan.

Ide pun muncul di benak saya, yaitu ingin merubah Test Khusus Kesehatan Mental Tersebut dari dalam buku, kedalam bentuk Software / Aplikasi, Akhirnya Judul itupun saya angkat sebagai salah satu Tugas Akhir Praktikum Pemrograman Dasar yang sedang saya jalani pada saat itu yaitu pada saat saya masih Kuliah Semester 2 . Bagi anda yang berminat mencoba Aplikasi Test Khusus Kesehatan Mental tersebut, anda bisa mendownload DI SINI , atau Klik Link Download Dibawah ini :

DOWNLOAD

Adapun Test Khusus Kesehatan Mental yang terdapat dalam Aplikasi ini antara lain meliputi :

  1. Hipokondriasis , yaitu dimana seseorang sering kali mengeluh akan gangguan kesehatannya, Sebenarnya orang tersebut hanya mengalami sakit yang rendah saja. Ia sangat dihantui oleh perasaan cemas dan terlalu berlebihan dalam menilai gejala-gejala penyakitnya. Meskipun kecemasan terhadap gangguan kesehatan tubuhnya merupakan bagian yang dominan dari kehidupannya, namun hal ini dapat menghambat , sehingga membuat tidak efektif dalam aktivitasnya sehari-hari.
  2. Depresi, yaitu suatu sikap yang sangat pesimistis terhadap masa depan, tak berpengharapan, merasa berdosa dan putus asa. Pikiran dan tindakannya lambat, terkadang timbul dalam dirinya sifat-sifat agresi dan marah-marah tanpa sebab yang jelas. Pada stadium tertentu, orang yang dihinggapi depresi dapat melakukan tindakan yang nekat seperti bunuh diri.
  3. Paranoid,  yaitu orang yang selalu berprilaku yang aneh dan mempunyai kepercayaan salah, ia tidak mau dipersalahkan padahal sesungguhnya ia salah dan selalu mempersalahkan pada orang lain atas ketidak mampuannya atau kegagalannya, maunya menang sendiri (Hampir mirip dengan egoistis). Ia juga mempunyai pemikiran salah yang hendak menguasai orang yang diserangnya.
  4. Kecemasan umum adalah manifestasi dari berbagi proses emosi yang bercampur baur yang terjadi ketika seseorang sedang mengalami pertentangan batin (konflik) atau mendapat tekanan perasaan (Frustasi). Rasa cemas bisa timbul akibat melihat dan mengetahui ada bahaya yang mengancam, cemas ini dekat pada rasa takut dan sumbernya jelas. Rasa cemas yang berupa penyakit yakni yang sering timbul karena sesuatu yang kurang jelas dan tidak ada hubungannya dengan apa-apa. Biasanya orang yang mendapat penyakit ini, pergi ketempat kerja dengan perasaan tegang, keluar keringat dingin karena sesuatu sebab yang kurang jelas, makan tak enak, tidur tidak nyenyak, tidak bisa konsentrasi, selalu ketakutan dan sering murung.

Itulah beberapa test yang ada dalam Aplikasi Test Khusus Kesehatan Mental, dan mudah-mudahan artikel ini dapat membantu, Selamat mencoba :D

About the author

Pantang tolak tugas, Pantang tugas tak terselesaikan , Pantang Ulur Waktu dan Yakin Usaha Sampai . . . . . .