Kenapa Susunan Huruf Keyboard Harus QWERTY ?

Mungkin banyak yang bertanya , mengapa susunan huruf pada Keyboard harus QWERTY ? Mengapa tidak disusun secara berurutan ABCDEF ? , Mungkin sebagian dari kawan-kawan semua ada yang mengetahui jawabannya, dan bagi yang belum tau, saya akan mencoba menjelaskannya pada artikel ini.

Berdasarkan berbagai sumber yang saya dapat, ternyata keyboard sudah ada sejak tahun 1860-an pada mesin ketik, yang diciptakan oleh SHOLES dan DUNSMORE. Pada awal pembuatannya, mereka membuat keyboard dengan susunan Abjad secara berurutan, yaitu ABCDEF & seterusnya. Seiring dengan berjalannya waktu, kecepatan mengetik dari User semakin cepat, sehingga menyebabkan beberapa tombol tertentu pada mesin mengalami masalah sehingga menghambat pekerjaan. Permasalahan itu terjadi karena batang-batang yang menghentak pita tersebut saling mengait karena kegagalan mekanik akibat dari kecepatan mengetik yang sangat cepat.

Beranjak dari pengalaman tersebut, maka mereka merubah susunan huruf pada keyboard, menjadi acak dan disusun secara rumit guna memperlambat kecepatan mengetik untuk menghindari masalah yang terjadi pada keyboard. Akhirnya didapatlah susunan Huruf  QWERTY pada keyboard.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin canggih dan permasalahan yang timbul pada keyboard dapat teratasi dengan susunan yang semakin baik. Selain itu juga masih ada susunan yang lain yang lebih efisien dan cepat daripada susunan tombol QWERTY , salah satunya adalah Dvorak Simplified Keyboard (DSK) yang dibuat oleh August Dvorak sekitar tahun 1936. Hanya saja orang-orang masih tetap tidak bisa meninggalkan desain QWERTY , meskipun desain ini bukan merupakan desain yang terbaik. Dikarenakan orang-orang sudah terbiasa dengan susunan huruf  QWERTY pada keyboard, maka mereka susah untuk beralih dari desain QWERTY ke desain yang lain, malahan desain QWERTY dinobatkan menjadi standar ISO (International Standar Organization) sekitar tahun 1970 sampai saat ini.

Perbandingan tombol Qwerty dan Dvorak

Perbandingan tombol Qwerty dan Dvorak

Mudah-mudahan artikel ini dapat menjawab pertanyaan dari kawan-kawan sekalian, yang mungkin pernah memiliki pertanyaan tentang hal ini …..  :D

About the author

Pantang tolak tugas, Pantang tugas tak terselesaikan , Pantang Ulur Waktu dan Yakin Usaha Sampai . . . . . .